Di - kala mimpi ber-friksi



Gelap sudah menampakkan dirinya dan dingin menyentuh hatiku yang mendadak srasa beku ..

Beku ditengah sibukku menguatkan diri, berdamai dengan friksi ..

batas tegas yang akan melumatkan mimpi 4745 hari menjadi serbuk-serbuk halus yang berdaya sangat ringan .. hingga akan mudah untuknya menghilang dari pikiran

tapi bagiku ini sebaliknya .. sungguh tidak mudah .. saat aku memilih untuk berubah ..

aku tak lagi aku biasanya ..

powerfull, rebel, tough .. semua sebutan itu sudah kuberi obat tidur beberapa waktu lalu .. supaya aksinya tidak mengganggu ketenanganku menghadapi ini

Hey God! What’s going on indeed? As I’m sure for a creed

entah atas nama apa, aku hanya enggan untuk mengulang kesalahan ..

meski jujur, aku pun belum tercerahkan,
atas satu tanya “apa yg salah dengan mimpiku?”

terpusat otak memikirkan tiap celah jawaban atas pertanyaan ..
dan aku berangsur lelah ..

lantas pelan kulepaskan kacamata .. kuharap syaraf di otak akan melentur seperti semula

kini ia bersanding dengan pendar cahaya, dari segelas lilin di atas meja .. 

si lilin dan kacamata


lilin memecah hening .. “eh kacamata hidupmu bahagia enggak?”

“uummm .. kok kamu nanyanya gituu .. emang sperti apa kliatannya”

“kliatannya sih kamu bahagia, frame mu mengkilat, lensa mu bening, case-mu solid dan precious .. kamu sangat dirawat .. dia akan sedih kalo kamu ilang”

“he .. he.. he.. andaikata itu tebakan, maka skormu 100 deh Lin .. bener smua yg kamu bilang … uummm tapi aku juga kadang sedih deh Lin .. “

“lhooo .. sedih? Emang, apaan yg bisa bikin kamu sedih? Bukannya harusnya bahagiamu utuh ya?”

Si kacamata mendesah .. lirih .. “aku ngrasa ngga sepenuhnya kehadiranku di inginkannya .. aku dipakai hanya saat dia perlu bantuan untuk memperjelas pandangan .. selebihnya,  .. dia lebih suka menyimpanku di “kamar” ku .. intinya .. dia ngga sepanjang hari perlu aku .. “
Senyum lilin mengembang .. sorot matanya manis .. menatap dalam dan optimis ..

“huuuuhhhh kirain sedih kenapaaaa … aku crita boleh yaaa, tapi kamu janji jangan ngambek yaaa”

Kacamata menatap lilin dengan pandangan heran “maksudnya ngambek gimana?”

“udaaahhh janji duluuu ga boleh mellow saat aku crita” si lilin memaksa ..

“ukkaaii”

“dulu aku juga pernah berpikiran gitu ..
 knapa hidupku cuman untuk diambil manfaatnya ..
mereka mencintaiku jika dan hanya jika aku berdaya untuk menerangi ..
jika dan hanya jika mereka perlu di saat mati lampu
atau bahkan romantic dinner dengan pasangan

tapi lihat saat cuaca terang,
saat dunia tengah tak butuh kehangatan .. aku entah ada dimana ..
mengingatku pun kurasa tidak”

mereka saling bertatapan .. dan detik detik berikutnya aku tak mendengar lagi pertukaran makna ..

That’s life,

Setiap nafas kehidupan sudah punya peranan ..

Yang masing2 berwarna sesuai peruntukannya ..

Tapi kita perlu bijak .. saat mimpi berfriksi dengan tujuan yang hakiki ..

Maka saat itu pula kita perlu berdiam sejenak ..

Damaikan hati yang gejolak ..

Hidup itu melodi .. nikmati .. jalani ..






Komentar

Postingan Populer